Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

hormon yang berpengaruh saat jatuh cinta

Minggu, 15 Mei 2011

tau gak kenapa kita harus jatuh cinta???
tau gak kalo ternyata saat jatuh cinta ada beberapa hormon yang mempengaruhi prilaku dan tindakan kita saat berpacaran dengan pacar kita.

sehingga terkadang aktifitas berpacaran kita cenderung beresiko terhadap prilaku-prilaku seksual yang dapat berdampak buruk bagi masa depan kita.
sebagaimana..hasil survey yang dilakukan CCRR pada 100 orang remaja di kota bengkulu juga pondok kelapa mencatat 27 persen diantaranya mengaku pernah melakukan hubungan seksual. Kemudian tercatat juga 81% dari 27 orang tersebut melakukan hubungan seks pertama kali dengan pacarnya.
Aduh.. sebenarnya fenomena semacam ini, sungguh menuai rasa prihatin bagi kita semua, akan tetapi hal tersebut membuktikan adanya realita prilaku berpacaran remaja, yang cenderung beresiko.
Tentunya kita seringkali bertanya, kenapa sih remaja sampai berpegangan tangan, ciuman pipi, ciuman bibir hingga p[ada berhubungan seksual layaknya suami istri. Ada yang mengatakan bahwa melakukan hal tersebut dengan alasan cinta.
Ia apa??? Masa Cuma karena cinta kita harus mengorbankan masa depan kita. Ato mungkin kita akan lebih bingung lagi, memangnya apa hubungannya antara jatuh cinta dan aktifitas seksual seperti yang dibicarakan diatas.
Ternyata, menurut beberapa penelitian para ahli menemukan ada beberapa hormon yang berpengaruh saat seseorang jatuh cinta. Percaya gak sih... mau tau lebih lanjut, kita intip yuks hormon apa aja itu.
Ada beberapa hormon yang bertanggung jawab dalam membuat manusia jungkir balik saat jatuh cinta selain sang hormon utama phenylethylamine. Antara lain
1. Pheromones
Sama persis dengan yang diproduksi oleh ratu lebah untuk mengenali jenis lebah dari kawanannya, kalau kamu naksir seseorang, maka tubuh akan secara otomatis mengeluarkan wewangian khusus. Dan jika yang ditaksir merasa cocok dengan wangi tersebut, maka cinta pun akan berbalas.
2. Oxytocin
Hormon yang membuatmu merasa ingin selalu dipeluk atau dicium oleh orang yang kamu sukai. Sangat berpengaruh dalam mendekatkan hubungan.
3. Vasopressin
Hormon yang mempengaruhi tingkah laku seksual seseorang, dan tingkat kesetiaannya. Semakin tinggi kadar vasopressin, maka orang tersebut akan semakin setia pada pasangannya.
4. Dopamine
Pernah dengar istilah bahwa orang akan terlihat bersinar, tambah cantik jika sedang jatuh cinta? Hormon inilah yang bekerja pada tampilan fisik sehingga membuatnya menjadi seperti itu. Jadi jika ingin terlihat lebih cantik atau bersinar, jangan ragu untuk jatuh cinta.
5. Neuropinephrine
Hormon pemicu semangat, memicu aliran darah untuk mengalir lebih cepat sehingga tubuh merasa enerjik dan gembira. Karena hormon ini maka orang yang sedang jatuh cinta akan merasa happy dan cerah ceria terus.
Nah temen-temen dah taukan hormon apa aja yang berpengaruh terhadap prilaku kita disaat berpacaran, maka dari itu sebagai remaja yang bertanggung jawab kita harus belajar mengendalikan diri dan mengenali perubahan-perubahan hormon di dalam tubuh kita sehingga lebih muda dikendalikan.

0 komentar:

Posting Komentar